Ad Under Header

Kenali Penyakit dan Obat Asam Urat MOSEHAT

Gambaran Penyakit Asam Urat

 Penyakit Asam Urat adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Ini ditandai dengan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, pembengkakan, kemerahan dan nyeri tekan pada sendi, seringkali sendi pada pangkal ibu jari.

Serangan Penyakit Asam Urat dapat terjadi secara tiba-tiba, seringkali membuat Anda terbangun di tengah malam dengan sensasi bahwa jempol kaki Anda terbakar. Sendi yang terkena terasa panas, bengkak, dan begitu lunak sehingga berat lembar di atasnya mungkin tampak Gejala-gejala Penyakit Asam Urat mungkin datang dan pergi, tetapi ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah flare.

Gejala

. Tanda-tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan sering pada malam hari.They in Nyeri sendi yang intens. Penyakit Asam Urat biasanya mempengaruhi sendi besar jempol kaki Anda, tetapi itu bisa terjadi pada sendi mana pun.  Sendi yang sering terkena lainnya termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya mungkin paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah dimulai.

Asam Urat membuat tidaknyaman yang  Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung berlangsung lebih lama dan memengaruhi lebih banyak persendian.

Peradangan dan kemerahan. Sendi yang terkena atau sendi menjadi bengkak, lunak, hangat dan merah.

Rentang gerak terbatas. Saat Penyakit Asam Urat berkembang, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan sendi secara normal.

 Kapan harus ke dokter

Jika Anda mengalami nyeri yang tiba-tiba dan hebat pada persendian, hubungi dokter Anda. Penyakit Asam Urat yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri yang memburuk dan kerusakan sendi.

Segera cari perawatan medis jika Anda demam dan persendiannya panas dan meradang, yang bisa menjadi tanda infeksi.

Penyebab

Penyakit Asam Urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi Anda, menyebabkan peradangan dan nyeri hebat akibat serangan Penyakit Asam Urat.  Kristal urat dapat terbentuk ketika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda.

 Tubuh Anda menghasilkan asam urat ketika memecah purin - zat yang ditemukan secara alami di tubuh Anda.

 Purin juga ditemukan dalam makanan tertentu, seperti steak, daging organ dan makanan laut. Makanan lain juga meningkatkan kadar asam urat, seperti minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa).

Biasanya, asam urat larut dalam darah Anda dan melewati ginjal Anda ke dalam urin Anda. Tetapi terkadang tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat yang tajam, seperti jarum di dalam sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan.

Faktor risiko

 Anda lebih mungkin terserang asam urat jika memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh Anda. Faktor-faktor yang meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda meliputi:

Diet. Mengonsumsi makanan yang kaya akan daging dan makanan laut dan minum minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat, yang meningkatkan risiko asam urat. Konsumsi alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko asam urat.

Kegemukan. Jika Anda kelebihan berat badan, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal Anda lebih sulit menghilangkan asam urat.

. Kondisi medis. Penyakit dan kondisi tertentu meningkatkan risiko encok. Ini termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal.

. Obat-obatan tertentu. Penggunaan diuretik thiazide - biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi - dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Begitu juga penggunaan obat anti-penolakan yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.

 Riwayat keluarga Penyakit Asam Urat. Jika anggota keluarga Anda yang lain menderita Penyakit Asam Urat, Anda lebih mungkin terserang penyakit ini.

Penyakit Asam Urat lebih sering terjadi pada pria, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Namun, setelah menopause, kadar asam urat wanita mendekati pria.Pria juga lebih mungkin terkena Penyakit Asam Urat lebih awal - biasanya antara usia 30 dan 50 - sedangkan wanita umumnya mengalami tanda dan gejala setelah menopause.

Operasi atau trauma baru-baru ini. Mengalami operasi atau trauma baru-baru ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan serangan Penyakit Asam Urat.

 Komplikasi

 Orang dengan Penyakit Asam Urat dapat mengalami kondisi yang lebih parah, seperti:

Asam URAT  penyakit Kambuhan. Beberapa orang mungkin tidak pernah mengalami tanda-tanda dan gejala Penyakit Asam Urat lagi.  Orang lain mungkin mengalami Penyakit Asam Urat beberapa kali setiap tahun. Obat-obatan dapat membantu mencegah serangan Penyakit Asam Urat pada orang dengan Penyakit Asam Urat berulang. Jika tidak diobati, asam urat dapat menyebabkan erosi dan kerusakan sendi.

Penyakit Asam Urat tingkat lanjut. Penyakit Asam Urat yang tidak diobati dapat menyebabkan endapan kristal urat terbentuk di bawah kulit dalam nodul yang disebut tophi (TOE-fie). Tophi dapat berkembang di beberapa area seperti jari, tangan, kaki, siku, atau tendon Achilles di sepanjang bagian belakang pergelangan kaki Anda. Tophi biasanya tidak menyakitkan, tetapi mereka bisa menjadi bengkak dan lunak saat serangan Penyakit Asam Urat.

Batu ginjal. Kristal urat dapat terkumpul di saluran kemih penderita asam urat, menyebabkan batu ginjal. Obat-obatan dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

Pencegahan

Selama periode bebas gejala, pedoman diet ini dapat membantu melindungi terhadap serangan Penyakit Asam Urat di masa depan:

Tetap terhidrasi dengan baik, termasuk banyak air.  Batasi berapa banyak minuman manis yang Anda minum, terutama yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi.

Batasi atau hindari alkohol. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah jumlah atau jenis alkohol apa pun aman untuk Anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir kemungkinan besar dapat meningkatkan risiko gejala Penyakit Asam Urat, terutama pada pria.

Dapatkan protein Anda dari produk susu rendah lemak. Produk susu rendah lemak sebenarnya memiliki efek perlindungan terhadap asam urat, jadi ini adalah sumber protein terbaik Anda.

Batasi asupan daging, ikan, dan unggas Anda. Sejumlah kecil mungkin dapat ditoleransi, tetapi perhatikan baik-baik jenis apa - dan berapa banyak - tampaknya menyebabkan masalah bagi Anda.

Pertahankan berat badan yang diinginkan. Pilih porsi yang memungkinkan Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Kehilangan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Tetapi hindari puasa atau penurunan berat badan yang cepat, karena melakukan hal itu untuk sementara waktu dapat meningkatkan kadar asam urat. Obat Asam Urat MOSEHAT


Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.